MODUL AJAR : DASAR-DASAR AGRITEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN - Konsep, Klasifikasi, dan Lingkup Industri Pengolahan Hasil Pertanian

Tingkat: SMK/MAK

Kelas: 11

Topik : Konsep, Klasifikasi, dan Lingkup Industri Pengolahan Hasil Pertanian

Penyusun: Susilowati Susilowati

Tanggal Dibuat: 01 Sep 2025


Profil Lulusan

Profil lulusan yang diharapkan terbentuk pada peserta didik setelah mengikuti pembelajaran ini sejalan dengan Profil Pelajar Pancasila, mencakup dimensi:

  • Keimanan dan Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia: Peserta didik diharapkan memiliki akhlak yang baik dalam berinteraksi dengan lingkungan dan sesama, serta memahami tanggung jawabnya sebagai bagian dari ekosistem.
  • Berkebinekaan Global: Mampu menghargai keragaman budaya dan pandangan dalam konteks industri global pengolahan hasil pertanian.
  • Bergotong Royong/Kolaborasi: Mampu bekerja sama dalam tim untuk menyelesaikan masalah dan proyek-proyek terkait agroindustri.
  • Mandiri: Memiliki inisiatif dan tanggung jawab dalam belajar serta mengembangkan diri di bidang agroindustri.
  • Bernalar Kritis: Mampu menganalisis informasi, mengevaluasi argumen, dan memecahkan masalah kompleks dalam konteks pengolahan hasil pertanian.
  • Kreatif: Mampu menghasilkan ide-ide baru dan inovatif untuk pengembangan produk atau proses dalam agroindustri.
  • Kesehatan: Memahami pentingnya aspek kesehatan dan keamanan pangan dalam proses pengolahan hasil pertanian.
  • Komunikasi: Mampu menyampaikan gagasan, informasi, dan hasil kerja secara efektif baik lisan maupun tulisan.

Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran ini meliputi:

  • Ruang Kelas/Laboratorium Komputer: Ruangan yang nyaman dan memadai untuk diskusi kelompok dan akses internet.
  • Papan Tulis/Whiteboard dan Spidol: Untuk presentasi dan diskusi.
  • Proyektor dan Layar: Untuk menampilkan materi presentasi, video, atau simulasi.
  • Komputer/Laptop: Dilengkapi dengan akses internet dan perangkat lunak dasar untuk mencari informasi.
  • Jaringan Internet/Wi-Fi: Untuk mendukung kegiatan riset dan akses sumber belajar digital.
  • Contoh Produk Olahan Pertanian (opsional): Untuk memberikan gambaran nyata tentang produk agroindustri.
  • Modul Ajar/Bahan Ajar Cetak/Digital: Sebagai panduan utama pembelajaran.
  • Alat Tulis: Buku catatan, pulpen, pensil untuk peserta didik.

Target Peserta Didik

Modul ajar ini dirancang untuk peserta didik kelas 11 SMK/MAK dari Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan dengan karakteristik umum sebagai berikut:

  • Peserta Didik Reguler/Tipikal: Peserta didik tanpa kesulitan belajar yang berarti.
  • Potensi Kebutuhan Khusus: Peserta didik yang mungkin memiliki gaya belajar yang beragam (visual, auditori, kinestetik) atau membutuhkan dukungan tambahan dalam pemahaman konsep-konsep baru.
  • Tingkat Kesiapan Bervariasi: Peserta didik mungkin memiliki pengetahuan awal yang beragam tentang industri pertanian. Oleh karena itu, pendekatan pembelajaran akan disesuaikan untuk mengakomodasi perbedaan ini.
  • Motivasi Belajar: Peserta didik diharapkan memiliki minat terhadap teknologi dan aplikasinya, termasuk dalam sektor pertanian, mengingat latar belakang jurusan mereka.

Model Pembelajaran

Berbasis Proyek (Project-Based Learning)

Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Dasar-dasar Agriteknologi Pengolahan Hasil Pertanian - Konsep, Klasifikasi, dan Lingkup Industri Pengolahan Hasil Pertanian selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id
Filter Berdasarkan Tingkat