MODUL AJAR : DASAR-DASAR AGRITEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN - Konsep, Klasifikasi, dan Lingkup Industri Pengolahan Hasil Pertanian
Tingkat: SMK/MAK
Kelas: 11
Topik : Konsep, Klasifikasi, dan Lingkup Industri Pengolahan Hasil Pertanian
Penyusun:
Susilowati
Tanggal Dibuat: 01 Sep 2025
Profil Lulusan
Profil lulusan yang diharapkan terbentuk pada peserta didik setelah mengikuti pembelajaran ini sejalan dengan Profil Pelajar Pancasila, mencakup dimensi:
- Keimanan dan Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia: Peserta didik diharapkan memiliki akhlak yang baik dalam berinteraksi dengan lingkungan dan sesama, serta memahami tanggung jawabnya sebagai bagian dari ekosistem.
- Berkebinekaan Global: Mampu menghargai keragaman budaya dan pandangan dalam konteks industri global pengolahan hasil pertanian.
- Bergotong Royong/Kolaborasi: Mampu bekerja sama dalam tim untuk menyelesaikan masalah dan proyek-proyek terkait agroindustri.
- Mandiri: Memiliki inisiatif dan tanggung jawab dalam belajar serta mengembangkan diri di bidang agroindustri.
- Bernalar Kritis: Mampu menganalisis informasi, mengevaluasi argumen, dan memecahkan masalah kompleks dalam konteks pengolahan hasil pertanian.
- Kreatif: Mampu menghasilkan ide-ide baru dan inovatif untuk pengembangan produk atau proses dalam agroindustri.
- Kesehatan: Memahami pentingnya aspek kesehatan dan keamanan pangan dalam proses pengolahan hasil pertanian.
- Komunikasi: Mampu menyampaikan gagasan, informasi, dan hasil kerja secara efektif baik lisan maupun tulisan.
Sarana dan Prasarana
Sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran ini meliputi:
- Ruang Kelas/Laboratorium Komputer: Ruangan yang nyaman dan memadai untuk diskusi kelompok dan akses internet.
- Papan Tulis/Whiteboard dan Spidol: Untuk presentasi dan diskusi.
- Proyektor dan Layar: Untuk menampilkan materi presentasi, video, atau simulasi.
- Komputer/Laptop: Dilengkapi dengan akses internet dan perangkat lunak dasar untuk mencari informasi.
- Jaringan Internet/Wi-Fi: Untuk mendukung kegiatan riset dan akses sumber belajar digital.
- Contoh Produk Olahan Pertanian (opsional): Untuk memberikan gambaran nyata tentang produk agroindustri.
- Modul Ajar/Bahan Ajar Cetak/Digital: Sebagai panduan utama pembelajaran.
- Alat Tulis: Buku catatan, pulpen, pensil untuk peserta didik.
Target Peserta Didik
Modul ajar ini dirancang untuk peserta didik kelas 11 SMK/MAK dari Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan dengan karakteristik umum sebagai berikut:
- Peserta Didik Reguler/Tipikal: Peserta didik tanpa kesulitan belajar yang berarti.
- Potensi Kebutuhan Khusus: Peserta didik yang mungkin memiliki gaya belajar yang beragam (visual, auditori, kinestetik) atau membutuhkan dukungan tambahan dalam pemahaman konsep-konsep baru.
- Tingkat Kesiapan Bervariasi: Peserta didik mungkin memiliki pengetahuan awal yang beragam tentang industri pertanian. Oleh karena itu, pendekatan pembelajaran akan disesuaikan untuk mengakomodasi perbedaan ini.
- Motivasi Belajar: Peserta didik diharapkan memiliki minat terhadap teknologi dan aplikasinya, termasuk dalam sektor pertanian, mengingat latar belakang jurusan mereka.
Model Pembelajaran
Berbasis Proyek (Project-Based Learning)
Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Dasar-dasar Agriteknologi Pengolahan Hasil Pertanian - Konsep, Klasifikasi, dan Lingkup Industri Pengolahan Hasil Pertanian selengkapnya
Login