MODUL AJAR : BAHASA INGGRIS - Komunikasi Lisan Efektif dalam Konteks Remaja dan Isu Sosial Kontemporer
Tingkat: SMK/MAK
Kelas: 10
Topik : Komunikasi Lisan Efektif dalam Konteks Remaja dan Isu Sosial Kontemporer
Penyusun:
Zahrotul Nafingah
Tanggal Dibuat: 02 Sep 2025
Profil Lulusan
Melalui modul ajar ini, peserta didik diharapkan mampu mengembangkan dimensi Kreativitas dari Profil Pelajar Pancasila. Hal ini diwujudkan dengan:
- Menghasilkan Gagasan yang Orisinal: Peserta didik mampu mengemukakan ide-ide baru dan unik dalam menanggapi berbagai isu sosial terkini, serta dalam menyusun argumen dan pendapat mereka secara lisan. Mereka akan didorong untuk berpikir out-of-the-box dalam memecahkan masalah komunikasi dan menyampaikan pesan.
- Menghasilkan Karya dan Tindakan yang Orisinal: Dalam konteks komunikasi lisan, kreativitas ini tercermin dalam kemampuan peserta didik untuk merancang presentasi yang menarik, menggunakan bahasa dan intonasi yang variatif untuk menyampaikan pesan secara efektif, serta berpartisipasi dalam diskusi dengan cara yang konstruktif dan inovatif. Mereka akan mengembangkan gaya komunikasi pribadi yang khas dan efektif.
- Memiliki Keluwesan Berpikir dalam Mencari Alternatif Solusi Permasalahan: Peserta didik dilatih untuk tidak terpaku pada satu cara pandang, melainkan mampu mempertimbangkan berbagai perspektif dan menyusun tanggapan yang adaptif dalam percakapan informal maupun diskusi formal. Mereka akan belajar untuk menyajikan argumen dari berbagai sudut pandang dan mencari solusi komunikasi yang paling tepat.
Sarana dan Prasarana
- Ruang Kelas: Kelas yang nyaman dengan tata letak yang fleksibel untuk diskusi kelompok dan presentasi.
- Teknologi:
- Komputer/Laptop dengan koneksi internet.
- Proyektor dan layar.
- Speaker untuk pemutaran audio/video.
- Gawai pribadi peserta didik (ponsel pintar, tablet) jika memungkinkan untuk riset dan pencatatan.
- Media Pembelajaran:
- Papan tulis/Whiteboard dan spidol.
- Kartu indeks atau kertas sticky notes.
- Materi audio (rekaman percakapan, podcast, berita).
- Materi video (klip film, wawancara, berita pendek, video YouTube edukatif).
- Teks bacaan (artikel berita, esai, transkrip percakapan).
- Alat Tulis: Buku catatan, pulpen, pensil.
- Perpustakaan/Pusat Sumber Belajar: Akses ke buku-buku referensi atau jurnal terkait isu-isu sosial.
Target Peserta Didik
Modul ajar ini dirancang untuk peserta didik SMK/MAK Kelas 10 Jurusan Agribisnis Tanaman dengan karakteristik umum sebagai berikut:
- Reguler/Tipikal: Peserta didik pada umumnya memiliki pemahaman dasar Bahasa Inggris, namun mungkin belum terbiasa dengan percakapan informal atau diskusi mendalam dalam bahasa Inggris. Mereka memiliki motivasi beragam dalam belajar Bahasa Inggris, namun secara umum siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
- Kesulitan Belajar: Beberapa peserta didik mungkin menghadapi tantangan dalam pemahaman lisan atau kepercayaan diri dalam berbicara. Mereka mungkin memerlukan dukungan lebih lanjut seperti materi visual tambahan, instruksi yang lebih terstruktur, atau waktu ekstra untuk berlatih.
- Pencapaian Tinggi: Peserta didik dengan kemampuan Bahasa Inggris yang lebih mahir akan didorong untuk mengambil peran kepemimpinan dalam diskusi, menyajikan argumen yang lebih kompleks, atau membantu teman sebaya yang kesulitan. Mereka dapat diberikan materi pengayaan berupa teks atau topik diskusi yang lebih menantang.
Secara umum, peserta didik di Jurusan Agribisnis Tanaman akan diajak untuk mengaitkan topik-topik komunikasi lisan dengan relevansi pekerjaan atau kehidupan sehari-hari mereka, sekalipun isu sosial yang dibahas bersifat global.
Model Pembelajaran
Berbasis Proyek (Project-Based Learning)
Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Bahasa Inggris - Komunikasi Lisan Efektif dalam Konteks Remaja dan Isu Sosial Kontemporer selengkapnya
Login