MODUL AJAR : BAHASA INGGRIS - Isu Sosial Terkini

Tingkat: SMK/MAK

Kelas: 11

Topik : Isu Sosial Terkini

Penyusun: Zahrotul Nafingah Zahrotul Nafingah

Tanggal Dibuat: 02 Sep 2025


Profil Lulusan

Peserta didik diharapkan memiliki dan mengembangkan kemampuan kreativitas dalam berbagai aspek pembelajaran. Kreativitas di sini mencakup:

  • Ideation: Kemampuan menghasilkan ide-ide baru dan orisinal dalam menganalisis isu sosial, merumuskan solusi, atau menyajikan informasi.
  • Fleksibilitas Berpikir: Kemampuan melihat masalah dari berbagai sudut pandang dan mencari pendekatan yang berbeda dalam memahami serta menanggapi isu-isu kompleks.
  • Inovasi: Kemampuan untuk menciptakan solusi atau presentasi yang unik dan efektif untuk menyampaikan pendapat atau argumen tentang isu sosial terkini.
  • Kemampuan Adaptasi: Kreativitas dalam menyesuaikan strategi komunikasi lisan sesuai dengan konteks dan lawan bicara.

Dimensi kreativitas ini akan mendorong peserta didik untuk tidak hanya memahami materi, tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam konteks nyata dengan cara yang inventif dan relevan.

Sarana dan Prasarana

  • Ruang Kelas: Kelas yang nyaman dan cukup luas untuk kegiatan diskusi kelompok.
  • Perangkat Audio Visual: Proyektor, layar, speaker untuk memutar audio/video pembelajaran.
  • Papan Tulis/Whiteboard: Untuk menulis poin-poin penting dan merangkum diskusi.
  • Spidol/Alat Tulis: Untuk guru dan peserta didik.
  • Perangkat Komputer/Laptop: Untuk guru sebagai media pembelajaran dan peserta didik untuk mengakses sumber daya digital.
  • Jaringan Internet: Akses internet yang stabil untuk mencari informasi dan materi tambahan.
  • Gawai Pribadi Peserta Didik: Smartphone atau tablet (jika memungkinkan) untuk mengakses materi online atau berkolaborasi.
  • Materi Cetak: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), bahan bacaan singkat.
  • Kamus Bahasa Inggris: Cetak atau digital.

Target Peserta Didik

Modul ajar ini dirancang untuk peserta didik kelas 11 SMK/MAK jurusan Agribisnis Tanaman, dengan karakteristik umum sebagai berikut:

  • Reguler/Tipikal: Peserta didik pada umumnya, tidak memiliki kesulitan belajar yang signifikan.
  • Gaya Belajar Beragam: Memiliki beragam gaya belajar (visual, auditori, kinestetik) yang akan diakomodasi melalui variasi metode pembelajaran (mendengarkan audio, menonton video, diskusi kelompok, presentasi).
  • Tingkat Pemahaman Bahasa Inggris: Memiliki dasar kemampuan bahasa Inggris yang cukup untuk mengikuti instruksi dan memahami materi percakapan lisan sederhana hingga menengah.
  • Minat pada Isu Sosial: Diharapkan memiliki minat awal atau dapat dibangkitkan minatnya terhadap isu-isu sosial yang relevan dengan kehidupan mereka atau bidang kejuruan.

Identifikasi awal akan dilakukan untuk memastikan bahwa kegiatan dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu peserta didik.

Model Pembelajaran

Berbasis Proyek (Project-Based Learning)

Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Bahasa Inggris - Isu Sosial Terkini selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id