MODUL AJAR : KODING DAN KECERDASAN ARTIFISIAL - Identifikasi Permasalahan dan Dekomposisi
Tingkat: SMK/MAK
Kelas: X
Topik : Identifikasi Permasalahan dan Dekomposisi
Penyusun:
Akhmad Rosyid
Tanggal Dibuat: 24 Nov 2025
Profil Lulusan
- Keimanan dan Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa: Menumbuhkan sikap spiritual dan etika dalam pemanfaatan teknologi, serta tanggung jawab terhadap dampak yang ditimbulkan.
- Kewargaan: Memahami peran dan tanggung jawab sebagai warga negara yang cerdas dan beretika dalam menggunakan dan mengembangkan teknologi.
- Penalaran Kritis: Mampu menganalisis informasi, mengidentifikasi masalah, mengevaluasi solusi, dan membuat keputusan yang tepat dalam pengembangan sistem.
- Kreativitas: Menghasilkan ide-ide inovatif dan solusi baru untuk permasalahan kompleks di bidang keahlian.
- Kolaborasi: Bekerja sama dengan orang lain dalam tim untuk mencapai tujuan pembelajaran dan pemecahan masalah.
- Kemandirian: Mampu belajar dan memecahkan masalah secara independen, serta mengembangkan inisiatif pribadi.
- Kesehatan: Mengembangkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental dalam berinteraksi dengan teknologi.
- Komunikasi: Mampu menyampaikan ide, konsep, dan solusi secara efektif baik lisan maupun tulisan kepada berbagai audiens.
Sarana dan Prasarana
- Ruang Kelas: Ruangan belajar yang nyaman dan kondusif.
- Komputer/Laptop: Tersedia untuk setiap peserta didik atau kelompok, terhubung ke internet.
- Proyektor & Layar: Untuk presentasi materi oleh guru dan peserta didik.
- Papan Tulis/Whiteboard & Spidol: Untuk menjelaskan konsep dan diskusi kelompok.
- Akses Internet: Koneksi yang stabil untuk mencari informasi dan mengakses platform daring.
- Sumber Belajar Digital: Modul ajar digital, video tutorial, artikel daring.
- Alat Tulis: Buku catatan, pulpen/pensil untuk mencatat.
Target Peserta Didik
Modul ajar ini dirancang untuk peserta didik kelas X SMK/MAK jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Pemasaran. Mereka adalah peserta didik reguler yang memiliki keinginan untuk memahami dasar-dasar berpikir komputasional dan aplikasinya dalam bidang keahlian mereka.
Peserta didik diharapkan memiliki kemampuan dasar dalam menggunakan komputer dan mengakses internet. Tidak diperlukan pengetahuan pemrograman awal, namun kemauan untuk belajar konsep baru dan pemecahan masalah sangat penting.
Model Pembelajaran
Kontekstual (Contextual Teaching and Learning / CTL)
Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Koding Dan Kecerdasan Artifisial - Identifikasi Permasalahan dan Dekomposisi selengkapnya
Login
Masuk dengan belajar.id