MODUL AJAR : KODING DAN KECERDASAN ARTIFISIAL - Produksi dan Diseminasi Konten Digital yang Etis dan Aman untuk Proyek Koding dan Kecerdasan Artifisial

Tingkat: SMK/MAK

Kelas: X

Topik : Produksi dan Diseminasi Konten Digital yang Etis dan Aman untuk Proyek Koding dan Kecerdasan Artifisial

Penyusun: Akhmad Rosyid Akhmad Rosyid

Tanggal Dibuat: 24 Nov 2025


Profil Lulusan

  • Keimanan dan Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa: Peserta didik diharapkan mengembangkan kesadaran akan tanggung jawab etis dalam menggunakan teknologi digital dan menyebarkan informasi, sebagai wujud syukur atas karunia ilmu pengetahuan.
  • Kewargaan: Membangun kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai warga digital yang bertanggung jawab, menghargai keberagaman, dan berkontribusi positif dalam ekosistem digital.
  • Penalaran Kritis: Mampu menganalisis informasi digital secara cermat, mengidentifikasi hoaks, serta mengevaluasi aspek etika dan keamanan dalam berbagai konten.
  • Kreativitas: Mampu merancang dan memproduksi konten digital multimedia yang inovatif, informatif, dan sesuai dengan standar etika serta keamanan.
  • Kolaborasi: Mampu bekerja sama dalam tim untuk mengembangkan proyek konten digital, berbagi ide, dan memberikan umpan balik yang konstruktif.
  • Kemandirian: Menunjukkan inisiatif dalam mencari solusi, mengelola proyek pribadi, dan mengembangkan kompetensi diri dalam produksi serta diseminasi konten digital.
  • Kesehatan: Mengembangkan kesadaran akan pentingnya kesehatan digital, termasuk privasi data dan keamanan informasi pribadi.
  • Komunikasi: Mampu menyampaikan gagasan melalui konten digital secara efektif, jelas, dan persuasif, dengan memperhatikan audiens target.

Sarana dan Prasarana

  • Perangkat Keras:
    • Komputer/Laptop dengan spesifikasi memadai.
    • Jaringan internet yang stabil.
    • Proyektor dan layar.
    • Papan tulis/Whiteboard dan spidol.
  • Perangkat Lunak:
    • Aplikasi pengolah kata dan presentasi (misalnya: Microsoft Office, Google Workspace).
    • Aplikasi/tools produksi konten digital dasar (misalnya: Canva, Adobe Spark, inVideo, Audacity, KineMaster).
    • Browser web untuk akses referensi dan platform digital.
  • Sumber Belajar:
    • Modul ajar dan bahan ajar digital.
    • Artikel, jurnal, dan studi kasus terkait etika dan keamanan digital.
    • Video tutorial produksi dan diseminasi konten.
    • Platform media sosial, blog, atau website sebagai studi kasus.
  • Alat Tulis:
    • Buku catatan dan pena.

Target Peserta Didik

  • Peserta Didik Reguler/Tipikal: Peserta didik pada umumnya, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar. Mampu mengikuti proses pembelajaran dengan baik.
  • Peserta Didik dengan Kesulitan Belajar: Peserta didik yang menunjukkan kesulitan dalam memahami konsep tertentu, membutuhkan bimbingan lebih intensif atau metode pengajaran yang disesuaikan.
  • Peserta Didik dengan Capaian Tinggi: Peserta didik yang memiliki minat dan kemampuan di atas rata-rata, mampu memahami materi dengan cepat dan siap untuk tantangan lebih lanjut (pengayaan).

Model Pembelajaran

Langsung (Direct Instruction)

Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Koding Dan Kecerdasan Artifisial - Produksi dan Diseminasi Konten Digital yang Etis dan Aman untuk Proyek Koding dan Kecerdasan Artifisial selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id
Filter Berdasarkan Tingkat