MODUL AJAR : KODING DAN KECERDASAN ARTIFISIAL - Produksi dan Diseminasi Konten Digital yang Etis dan Aman untuk Proyek Koding dan Kecerdasan Artifisial
Tingkat: SMK/MAK
Kelas: X
Topik : Produksi dan Diseminasi Konten Digital yang Etis dan Aman untuk Proyek Koding dan Kecerdasan Artifisial
Penyusun:
Akhmad Rosyid
Tanggal Dibuat: 24 Nov 2025
Profil Lulusan
- Keimanan dan Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa: Peserta didik diharapkan mengembangkan kesadaran akan tanggung jawab etis dalam menggunakan teknologi digital dan menyebarkan informasi, sebagai wujud syukur atas karunia ilmu pengetahuan.
- Kewargaan: Membangun kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai warga digital yang bertanggung jawab, menghargai keberagaman, dan berkontribusi positif dalam ekosistem digital.
- Penalaran Kritis: Mampu menganalisis informasi digital secara cermat, mengidentifikasi hoaks, serta mengevaluasi aspek etika dan keamanan dalam berbagai konten.
- Kreativitas: Mampu merancang dan memproduksi konten digital multimedia yang inovatif, informatif, dan sesuai dengan standar etika serta keamanan.
- Kolaborasi: Mampu bekerja sama dalam tim untuk mengembangkan proyek konten digital, berbagi ide, dan memberikan umpan balik yang konstruktif.
- Kemandirian: Menunjukkan inisiatif dalam mencari solusi, mengelola proyek pribadi, dan mengembangkan kompetensi diri dalam produksi serta diseminasi konten digital.
- Kesehatan: Mengembangkan kesadaran akan pentingnya kesehatan digital, termasuk privasi data dan keamanan informasi pribadi.
- Komunikasi: Mampu menyampaikan gagasan melalui konten digital secara efektif, jelas, dan persuasif, dengan memperhatikan audiens target.
Sarana dan Prasarana
- Perangkat Keras:
- Komputer/Laptop dengan spesifikasi memadai.
- Jaringan internet yang stabil.
- Proyektor dan layar.
- Papan tulis/Whiteboard dan spidol.
- Perangkat Lunak:
- Aplikasi pengolah kata dan presentasi (misalnya: Microsoft Office, Google Workspace).
- Aplikasi/tools produksi konten digital dasar (misalnya: Canva, Adobe Spark, inVideo, Audacity, KineMaster).
- Browser web untuk akses referensi dan platform digital.
- Sumber Belajar:
- Modul ajar dan bahan ajar digital.
- Artikel, jurnal, dan studi kasus terkait etika dan keamanan digital.
- Video tutorial produksi dan diseminasi konten.
- Platform media sosial, blog, atau website sebagai studi kasus.
- Alat Tulis:
- Buku catatan dan pena.
Target Peserta Didik
- Peserta Didik Reguler/Tipikal: Peserta didik pada umumnya, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar. Mampu mengikuti proses pembelajaran dengan baik.
- Peserta Didik dengan Kesulitan Belajar: Peserta didik yang menunjukkan kesulitan dalam memahami konsep tertentu, membutuhkan bimbingan lebih intensif atau metode pengajaran yang disesuaikan.
- Peserta Didik dengan Capaian Tinggi: Peserta didik yang memiliki minat dan kemampuan di atas rata-rata, mampu memahami materi dengan cepat dan siap untuk tantangan lebih lanjut (pengayaan).
Model Pembelajaran
Langsung (Direct Instruction)
Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Koding Dan Kecerdasan Artifisial - Produksi dan Diseminasi Konten Digital yang Etis dan Aman untuk Proyek Koding dan Kecerdasan Artifisial selengkapnya
Login
Masuk dengan belajar.id