MODUL AJAR : KODING DAN KECERDASAN ARTIFISIAL - Memahami Algoritma, Pemrograman Berorientasi Objek, dan Pemanfaatan Dasar Kecerdasan Artifisial
Tingkat: SMK/MAK
Kelas: X
Topik : Memahami Algoritma, Pemrograman Berorientasi Objek, dan Pemanfaatan Dasar Kecerdasan Artifisial
Penyusun:
Akhmad Rosyid
Tanggal Dibuat: 24 Nov 2025
Profil Lulusan
- Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia: Peserta didik menyadari tanggung jawabnya dalam menggunakan teknologi, termasuk AI, secara etis dan bertanggung jawab, serta mensyukuri karunia Tuhan berupa akal pikiran untuk menciptakan solusi inovatif.
- Berkebinekaan Global: Peserta didik mampu beradaptasi dan memahami berbagai perspektif dalam pengembangan dan pemanfaatan teknologi, serta menghargai kontribusi dari berbagai budaya dalam kemajuan ilmu pengetahuan.
- Bergotong Royong: Peserta didik mampu berkolaborasi secara efektif dalam tim untuk memecahkan masalah pemrograman kompleks dan mengembangkan aplikasi.
- Mandiri: Peserta didik memiliki inisiatif dan kemampuan untuk belajar mandiri, mencari solusi, dan mengembangkan kemampuannya dalam koding dan AI.
- Bernalar Kritis: Peserta didik mampu menganalisis permasalahan, membandingkan berbagai algoritma, mengevaluasi solusi, dan membuat keputusan yang logis dalam pengembangan aplikasi.
- Kreatif: Peserta didik mampu merancang dan mengembangkan solusi inovatif menggunakan algoritma dan pemrograman berorientasi objek untuk aplikasi yang berkaitan dengan Kecerdasan Artifisial.
- Kesehatan: Peserta didik memahami pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental dalam aktivitas digital dan pengembangan aplikasi, serta mengelola waktu secara efektif.
- Komunikasi: Peserta didik mampu menyampaikan ide, menjelaskan konsep teknis, dan mempresentasikan hasil karyanya secara jelas dan efektif, baik secara lisan maupun tulisan.
Sarana dan Prasarana
- Perangkat Keras:
- Komputer/Laptop dengan spesifikasi yang memadai untuk pengembangan perangkat lunak.
- Proyektor/Smart TV untuk presentasi dan demonstrasi.
- Jaringan internet yang stabil.
- Perangkat Lunak:
- Integrated Development Environment (IDE) seperti Visual Studio Code, PyCharm, atau Eclipse.
- Bahasa pemrograman (misalnya Python, Java, C++).
- Compiler/Interpreter yang sesuai.
- Aplikasi pendukung presentasi (Microsoft PowerPoint, Google Slides, Prezi).
- Sumber Daya Lain:
- Ruang kelas yang nyaman dengan meja dan kursi.
- Papan tulis/Whiteboard dan spidol.
- Modul ajar cetak atau digital.
- Buku referensi pemrograman dan Kecerdasan Artifisial.
- Akses ke platform pembelajaran online (misalnya Google Classroom, Moodle).
Target Peserta Didik
Modul ajar ini ditujukan untuk peserta didik kelas X SMK/MAK jurusan DKV dan Pemasaran yang memiliki minat pada pengembangan teknologi dan Kecerdasan Artifisial. Peserta didik diharapkan telah memiliki dasar-dasar penggunaan komputer dan literasi digital. Mereka adalah pembelajar yang aktif, mampu bekerja secara individu maupun kelompok, dan memiliki motivasi untuk menciptakan solusi digital.
- Peserta Didik Reguler/Tipikal: Peserta didik yang tidak mengalami kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
- Peserta Didik dengan Kesulitan Belajar: Peserta didik yang memiliki gaya belajar yang berbeda atau membutuhkan pendekatan khusus, akan diberikan bimbingan lebih intensif dan metode pengajaran yang bervariasi.
- Peserta Didik dengan Pencapaian Tinggi: Peserta didik yang cepat memahami materi, akan diberikan tantangan berupa soal-soal atau proyek pengembangan yang lebih kompleks (pengayaan).
Model Pembelajaran
Kontekstual (Contextual Teaching and Learning / CTL)
Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Koding Dan Kecerdasan Artifisial - Memahami Algoritma, Pemrograman Berorientasi Objek, dan Pemanfaatan Dasar Kecerdasan Artifisial selengkapnya
Login
Masuk dengan belajar.id