MODUL AJAR : KODING DAN KECERDASAN ARTIFISIAL - Memahami Algoritma, Pemrograman Berorientasi Objek, dan Pemanfaatan Dasar Kecerdasan Artifisial

Tingkat: SMK/MAK

Kelas: X

Topik : Memahami Algoritma, Pemrograman Berorientasi Objek, dan Pemanfaatan Dasar Kecerdasan Artifisial

Penyusun: Akhmad Rosyid Akhmad Rosyid

Tanggal Dibuat: 24 Nov 2025


Profil Lulusan

  • Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia: Peserta didik menyadari tanggung jawabnya dalam menggunakan teknologi, termasuk AI, secara etis dan bertanggung jawab, serta mensyukuri karunia Tuhan berupa akal pikiran untuk menciptakan solusi inovatif.
  • Berkebinekaan Global: Peserta didik mampu beradaptasi dan memahami berbagai perspektif dalam pengembangan dan pemanfaatan teknologi, serta menghargai kontribusi dari berbagai budaya dalam kemajuan ilmu pengetahuan.
  • Bergotong Royong: Peserta didik mampu berkolaborasi secara efektif dalam tim untuk memecahkan masalah pemrograman kompleks dan mengembangkan aplikasi.
  • Mandiri: Peserta didik memiliki inisiatif dan kemampuan untuk belajar mandiri, mencari solusi, dan mengembangkan kemampuannya dalam koding dan AI.
  • Bernalar Kritis: Peserta didik mampu menganalisis permasalahan, membandingkan berbagai algoritma, mengevaluasi solusi, dan membuat keputusan yang logis dalam pengembangan aplikasi.
  • Kreatif: Peserta didik mampu merancang dan mengembangkan solusi inovatif menggunakan algoritma dan pemrograman berorientasi objek untuk aplikasi yang berkaitan dengan Kecerdasan Artifisial.
  • Kesehatan: Peserta didik memahami pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental dalam aktivitas digital dan pengembangan aplikasi, serta mengelola waktu secara efektif.
  • Komunikasi: Peserta didik mampu menyampaikan ide, menjelaskan konsep teknis, dan mempresentasikan hasil karyanya secara jelas dan efektif, baik secara lisan maupun tulisan.

Sarana dan Prasarana

  • Perangkat Keras:
    • Komputer/Laptop dengan spesifikasi yang memadai untuk pengembangan perangkat lunak.
    • Proyektor/Smart TV untuk presentasi dan demonstrasi.
    • Jaringan internet yang stabil.
  • Perangkat Lunak:
    • Integrated Development Environment (IDE) seperti Visual Studio Code, PyCharm, atau Eclipse.
    • Bahasa pemrograman (misalnya Python, Java, C++).
    • Compiler/Interpreter yang sesuai.
    • Aplikasi pendukung presentasi (Microsoft PowerPoint, Google Slides, Prezi).
  • Sumber Daya Lain:
    • Ruang kelas yang nyaman dengan meja dan kursi.
    • Papan tulis/Whiteboard dan spidol.
    • Modul ajar cetak atau digital.
    • Buku referensi pemrograman dan Kecerdasan Artifisial.
    • Akses ke platform pembelajaran online (misalnya Google Classroom, Moodle).

Target Peserta Didik

Modul ajar ini ditujukan untuk peserta didik kelas X SMK/MAK jurusan DKV dan Pemasaran yang memiliki minat pada pengembangan teknologi dan Kecerdasan Artifisial. Peserta didik diharapkan telah memiliki dasar-dasar penggunaan komputer dan literasi digital. Mereka adalah pembelajar yang aktif, mampu bekerja secara individu maupun kelompok, dan memiliki motivasi untuk menciptakan solusi digital.

  • Peserta Didik Reguler/Tipikal: Peserta didik yang tidak mengalami kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
  • Peserta Didik dengan Kesulitan Belajar: Peserta didik yang memiliki gaya belajar yang berbeda atau membutuhkan pendekatan khusus, akan diberikan bimbingan lebih intensif dan metode pengajaran yang bervariasi.
  • Peserta Didik dengan Pencapaian Tinggi: Peserta didik yang cepat memahami materi, akan diberikan tantangan berupa soal-soal atau proyek pengembangan yang lebih kompleks (pengayaan).

Model Pembelajaran

Kontekstual (Contextual Teaching and Learning / CTL)

Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Koding Dan Kecerdasan Artifisial - Memahami Algoritma, Pemrograman Berorientasi Objek, dan Pemanfaatan Dasar Kecerdasan Artifisial selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id
Filter Berdasarkan Tingkat