MODUL AJAR : KODING DAN KECERDASAN ARTIFISIAL - Pengantar Analisis Data dan Identifikasi Jenis Data

Tingkat: SMK/MAK

Kelas: X

Topik : Pengantar Analisis Data dan Identifikasi Jenis Data

Penyusun: Akhmad Rosyid Akhmad Rosyid

Tanggal Dibuat: 24 Nov 2025


Profil Lulusan

  • Keimanan dan Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa: Peserta didik diharapkan dapat mensyukuri anugerah kemampuan berpikir dan menganalisis data sebagai bentuk ciptaan-Nya untuk kemaslahatan umat.
  • Kewargaan: Peserta didik mampu menganalisis data untuk memahami isu-isu sosial dan lingkungan, serta mengambil bagian dalam pemecahan masalah komunitas.
  • Penalaran Kritis: Peserta didik mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi informasi dari berbagai sumber untuk membuat keputusan yang berbasis data.
  • Kreativitas: Peserta didik mampu mengembangkan ide-ide baru dalam memvisualisasikan data dan menemukan solusi inovatif berdasarkan analisis data.
  • Kolaborasi: Peserta didik dapat bekerja sama dalam tim untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan data dari berbagai perspektif.
  • Kemandirian: Peserta didik memiliki inisiatif dan tanggung jawab dalam proses pengumpulan dan analisis data secara mandiri.
  • Kesehatan: Peserta didik mampu menggunakan teknologi dengan bijak dan menjaga kesehatan fisik serta mental dalam proses pembelajaran yang intensif.
  • Komunikasi: Peserta didik mampu mengkomunikasikan hasil analisis data secara efektif dan informatif kepada audiens yang beragam.

Sarana dan Prasarana

  • Ruang Kelas/Laboratorium Komputer: Ruangan yang nyaman dengan meja dan kursi yang memadai.
  • Komputer/Laptop: Setiap peserta didik idealnya memiliki akses ke komputer atau laptop.
  • Jaringan Internet: Koneksi internet yang stabil untuk mengakses sumber daya online dan perangkat lunak berbasis cloud.
  • Proyektor dan Layar: Untuk presentasi dan demonstrasi oleh guru.
  • Papan Tulis/Whiteboard dan Spidol: Untuk penjelasan dan interaksi di kelas.
  • Perangkat Lunak Pengolah Data: Contoh: Microsoft Excel, Google Sheets, atau perangkat lunak statistik/visualisasi data sederhana lainnya.
  • Bahan Ajar Cetak/Digital: Modul ajar, lembar kerja, studi kasus.
  • Sumber Daya Online: Platform e-learning, video tutorial, dataset publik.

Target Peserta Didik

Modul ajar ini dirancang untuk peserta didik kelas X SMK/MAK jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Pemasaran di SMKS BAITUL HIKMAH. Peserta didik diharapkan memiliki karakteristik umum sebagai berikut:

  • Usia dan Tingkat Perkembangan: Berada pada rentang usia remaja (sekitar 15-16 tahun) dengan kemampuan berpikir konkret dan mulai mengembangkan penalaran abstrak.
  • Pengetahuan Awal: Memiliki pemahaman dasar tentang penggunaan komputer dan internet. Tidak ada prasyarat khusus mengenai analisis data, namun kemampuan dasar matematika akan sangat membantu.
  • Motivasi: Termotivasi untuk belajar hal baru, terutama yang relevan dengan jurusan mereka dan prospek karier di bidang digital.
  • Gaya Belajar: Modul ini mengakomodasi berbagai gaya belajar (visual, auditori, kinestetik) melalui kombinasi presentasi, diskusi, praktikum, dan proyek.
  • Kebutuhan Khusus: Jika terdapat peserta didik dengan kebutuhan khusus, guru akan melakukan penyesuaian materi, metode, dan asesmen secara individual.

Model Pembelajaran

Berbasis Proyek (Project-Based Learning)

Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Koding Dan Kecerdasan Artifisial - Pengantar Analisis Data dan Identifikasi Jenis Data selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id
Filter Berdasarkan Tingkat