MODUL AJAR : KODING DAN KECERDASAN ARTIFISIAL - Pengantar Analisis Data dan Identifikasi Jenis Data
Tingkat: SMK/MAK
Kelas: X
Topik : Pengantar Analisis Data dan Identifikasi Jenis Data
Penyusun:
Akhmad Rosyid
Tanggal Dibuat: 24 Nov 2025
Profil Lulusan
- Keimanan dan Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa: Peserta didik diharapkan dapat mensyukuri anugerah kemampuan berpikir dan menganalisis data sebagai bentuk ciptaan-Nya untuk kemaslahatan umat.
- Kewargaan: Peserta didik mampu menganalisis data untuk memahami isu-isu sosial dan lingkungan, serta mengambil bagian dalam pemecahan masalah komunitas.
- Penalaran Kritis: Peserta didik mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi informasi dari berbagai sumber untuk membuat keputusan yang berbasis data.
- Kreativitas: Peserta didik mampu mengembangkan ide-ide baru dalam memvisualisasikan data dan menemukan solusi inovatif berdasarkan analisis data.
- Kolaborasi: Peserta didik dapat bekerja sama dalam tim untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan data dari berbagai perspektif.
- Kemandirian: Peserta didik memiliki inisiatif dan tanggung jawab dalam proses pengumpulan dan analisis data secara mandiri.
- Kesehatan: Peserta didik mampu menggunakan teknologi dengan bijak dan menjaga kesehatan fisik serta mental dalam proses pembelajaran yang intensif.
- Komunikasi: Peserta didik mampu mengkomunikasikan hasil analisis data secara efektif dan informatif kepada audiens yang beragam.
Sarana dan Prasarana
- Ruang Kelas/Laboratorium Komputer: Ruangan yang nyaman dengan meja dan kursi yang memadai.
- Komputer/Laptop: Setiap peserta didik idealnya memiliki akses ke komputer atau laptop.
- Jaringan Internet: Koneksi internet yang stabil untuk mengakses sumber daya online dan perangkat lunak berbasis cloud.
- Proyektor dan Layar: Untuk presentasi dan demonstrasi oleh guru.
- Papan Tulis/Whiteboard dan Spidol: Untuk penjelasan dan interaksi di kelas.
- Perangkat Lunak Pengolah Data: Contoh: Microsoft Excel, Google Sheets, atau perangkat lunak statistik/visualisasi data sederhana lainnya.
- Bahan Ajar Cetak/Digital: Modul ajar, lembar kerja, studi kasus.
- Sumber Daya Online: Platform e-learning, video tutorial, dataset publik.
Target Peserta Didik
Modul ajar ini dirancang untuk peserta didik kelas X SMK/MAK jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Pemasaran di SMKS BAITUL HIKMAH. Peserta didik diharapkan memiliki karakteristik umum sebagai berikut:
- Usia dan Tingkat Perkembangan: Berada pada rentang usia remaja (sekitar 15-16 tahun) dengan kemampuan berpikir konkret dan mulai mengembangkan penalaran abstrak.
- Pengetahuan Awal: Memiliki pemahaman dasar tentang penggunaan komputer dan internet. Tidak ada prasyarat khusus mengenai analisis data, namun kemampuan dasar matematika akan sangat membantu.
- Motivasi: Termotivasi untuk belajar hal baru, terutama yang relevan dengan jurusan mereka dan prospek karier di bidang digital.
- Gaya Belajar: Modul ini mengakomodasi berbagai gaya belajar (visual, auditori, kinestetik) melalui kombinasi presentasi, diskusi, praktikum, dan proyek.
- Kebutuhan Khusus: Jika terdapat peserta didik dengan kebutuhan khusus, guru akan melakukan penyesuaian materi, metode, dan asesmen secara individual.
Model Pembelajaran
Berbasis Proyek (Project-Based Learning)
Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Koding Dan Kecerdasan Artifisial - Pengantar Analisis Data dan Identifikasi Jenis Data selengkapnya
Login
Masuk dengan belajar.id