MODUL AJAR : KODING DAN KECERDASAN ARTIFISIAL - Literasi dan Etika Kecerdasan Artifisial: Konsep, Prinsip Kerja, Manfaat, Dampak, dan Etika Pemanfaatan

Tingkat: SMK/MAK

Kelas: X

Topik : Literasi dan Etika Kecerdasan Artifisial: Konsep, Prinsip Kerja, Manfaat, Dampak, dan Etika Pemanfaatan

Penyusun: Akhmad Rosyid Akhmad Rosyid

Tanggal Dibuat: 24 Nov 2025


Profil Lulusan

Melalui pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial, peserta didik diharapkan mampu mengembangkan dimensi Profil Pelajar Pancasila berikut:

  • Keimanan dan Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa: Menyadari kebesaran Tuhan melalui pemahaman dan penciptaan teknologi yang bermanfaat serta bertanggung jawab.
  • Kewargaan: Menjadi warga negara yang bertanggung jawab dalam pemanfaatan teknologi, memahami dampak sosial, dan berkontribusi positif bagi masyarakat.
  • Penalaran Kritis: Mampu menganalisis informasi, mengevaluasi argumen, dan memecahkan masalah terkait teknologi kecerdasan artifisial dengan logis dan objektif.
  • Kreativitas: Mengembangkan ide-ide baru dan inovatif dalam pemanfaatan serta pengembangan solusi berbasis kecerdasan artifisial.
  • Kolaborasi: Bekerja sama secara efektif dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama dalam proyek atau diskusi terkait KA.
  • Kemandirian: Memiliki inisiatif, bertanggung jawab, dan mampu belajar secara mandiri dalam menghadapi tantangan teknologi.
  • Kesehatan: Mengembangkan pemahaman tentang bagaimana teknologi KA dapat mendukung kesehatan, serta menjaga etika dalam penggunaan data kesehatan. (Note: This dimension often includes physical/mental well-being; here it's contextualized to technology impact.)
  • Komunikasi: Mampu menyampaikan gagasan, informasi, dan pemahaman terkait kecerdasan artifisial secara efektif kepada berbagai audiens.

Sarana dan Prasarana

  • Ruang Kelas: Kelas yang nyaman dengan tata letak yang mendukung diskusi kelompok dan presentasi.
  • Perangkat Keras:
    • Komputer/Laptop dengan koneksi internet.
    • Proyektor atau Smart TV untuk presentasi.
    • Papan tulis/Whiteboard dan spidol.
  • Perangkat Lunak:
    • Sistem Operasi (Windows/macOS/Linux).
    • Aplikasi presentasi (PowerPoint, Google Slides, Keynote).
    • Peramban web (Google Chrome, Mozilla Firefox) untuk mengakses sumber daya online.
    • Akses ke platform pembelajaran daring (jika diperlukan untuk pengumpulan tugas atau sumber belajar tambahan).
    • Akses ke contoh-contoh aplikasi KA atau simulator sederhana (jika relevan).
  • Media Pembelajaran:
    • Modul ajar cetak/digital.
    • Video edukasi atau dokumenter tentang KA.
    • Artikel atau studi kasus terkait aplikasi dan dampak KA.
    • Gambar, infografis, atau poster visual tentang konsep KA.

Target Peserta Didik

  • Karakteristik Umum: Peserta didik Kelas X SMK/MAK, khususnya dari jurusan DKV dan Pemasaran, yang memiliki minat terhadap teknologi dan dunia digital.
  • Gaya Belajar: Pembelajaran ini dirancang untuk mengakomodasi berbagai gaya belajar, termasuk visual (melalui presentasi, video, infografis), auditori (melalui diskusi, penjelasan), dan kinestetik (melalui kegiatan kelompok, studi kasus interaktif, atau simulasi sederhana).
  • Kesiapan Belajar: Peserta didik dengan tingkat kesiapan beragam, mulai dari yang belum memiliki pengetahuan dasar tentang Kecerdasan Artifisial hingga yang sudah memiliki pemahaman awal. Pembelajaran akan dilakukan secara bertahap dengan bimbingan dan dukungan yang sesuai.
  • Jumlah: Disesuaikan dengan kapasitas kelas dan kebijakan sekolah (misalnya, 25-35 peserta didik per kelas).

Model Pembelajaran

Kontekstual (Contextual Teaching and Learning / CTL)

Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Koding Dan Kecerdasan Artifisial - Literasi dan Etika Kecerdasan Artifisial: Konsep, Prinsip Kerja, Manfaat, Dampak, dan Etika Pemanfaatan selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id
Filter Berdasarkan Tingkat