MODUL AJAR : KODING DAN KECERDASAN ARTIFISIAL - Evaluasi dan Penyempurnaan Prompt Engineering untuk Proyek KA

Tingkat: SMK/MAK

Kelas: X

Topik : Evaluasi dan Penyempurnaan Prompt Engineering untuk Proyek KA

Penyusun: Akhmad Rosyid Akhmad Rosyid

Tanggal Dibuat: 24 Nov 2025


Profil Lulusan

  • Keimanan dan Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa: Peserta didik menghargai ciptaan dan anugerah Tuhan berupa teknologi, serta bertanggung jawab dalam penggunaannya.
  • Kewargaan: Peserta didik memahami dampak KA terhadap masyarakat dan berpartisipasi dalam menciptakan solusi yang bertanggung jawab.
  • Penalaran Kritis: Peserta didik mampu menganalisis luaran KA, mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya, serta merumuskan strategi perbaikan.
  • Kreativitas: Peserta didik mampu merancang prompt inovatif dan menemukan solusi kreatif untuk permasalahan menggunakan KA.
  • Kolaborasi: Peserta didik bekerja sama dalam kelompok untuk mengidentifikasi masalah, mengembangkan prompt, dan mengevaluasi hasil.
  • Kemandirian: Peserta didik memiliki inisiatif untuk belajar dan mengembangkan diri dalam bidang prompt engineering dan aplikasi KA.
  • Kesehatan: Peserta didik memahami pentingnya penggunaan teknologi yang seimbang dan tidak berlebihan, menjaga kesehatan fisik dan mental.
  • Komunikasi: Peserta didik mampu mengkomunikasikan ide, rancangan prompt, dan hasil evaluasi secara efektif.

Sarana dan Prasarana

  • Ruang Kelas/Laboratorium Komputer: Ruangan belajar yang nyaman dengan akses listrik yang memadai.
  • Komputer/Laptop: Setiap peserta didik atau kelompok memiliki akses ke perangkat komputer/laptop dengan koneksi internet.
  • Proyektor dan Layar: Untuk presentasi dan demonstrasi oleh guru.
  • Papan Tulis/Whiteboard dan Spidol: Untuk menjelaskan konsep dan mencatat ide.
  • Jaringan Internet Stabil: Diperlukan untuk mengakses platform KA generatif dan sumber daya online.
  • Akses ke Platform KA Generatif: Seperti ChatGPT, Google Gemini, Midjourney, DALL-E, atau platform sejenis yang relevan dengan kebutuhan proyek (misalnya untuk pembuatan teks pemasaran, ide desain grafis, atau skrip sederhana).
  • Bahan Ajar Cetak/Digital: Modul ajar, lembar kerja peserta didik, materi pendukung.
  • Alat Tulis: Pena, pensil, buku catatan.

Target Peserta Didik

Modul ajar ini dirancang untuk peserta didik SMK/MAK kelas X jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual) dan Pemasaran yang memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Kemampuan Umum: Peserta didik memiliki dasar pemahaman tentang teknologi informasi dan komunikasi, serta mampu menggunakan perangkat digital dasar.
  • Keterlibatan Belajar: Peserta didik cenderung aktif dan tertarik pada pembelajaran yang praktis, berbasis proyek, dan relevan dengan dunia industri kreatif serta pemasaran.
  • Gaya Belajar: Peserta didik dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik akan difasilitasi melalui kombinasi materi presentasi, diskusi, dan praktik langsung.
  • Kesulitan Belajar: Modul ini dapat mengakomodasi peserta didik dengan berbagai tingkat kesiapan. Bagi yang cepat memahami, disediakan materi pengayaan. Bagi yang memerlukan bimbingan lebih, akan diberikan pendampingan dan strategi remedial.
  • Latar Belakang Pengetahuan: Peserta didik diharapkan telah memahami dasar-dasar Kecerdasan Artifisial generatif dan konsep awal prompt engineering dari pertemuan sebelumnya. Mereka juga memiliki pemahaman dasar tentang bidang keahlian DKV atau Pemasaran.

Model Pembelajaran

Berbasis Masalah (Problem-Based Learning / PBL)

Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Koding Dan Kecerdasan Artifisial - Evaluasi dan Penyempurnaan Prompt Engineering untuk Proyek KA selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id
Filter Berdasarkan Tingkat