MODUL AJAR : KODING DAN KECERDASAN ARTIFISIAL - Evaluasi dan Penyempurnaan Prompt Engineering untuk Proyek KA
Tingkat: SMK/MAK
Kelas: X
Topik : Evaluasi dan Penyempurnaan Prompt Engineering untuk Proyek KA
Penyusun:
Akhmad Rosyid
Tanggal Dibuat: 24 Nov 2025
Profil Lulusan
- Keimanan dan Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa: Peserta didik menghargai ciptaan dan anugerah Tuhan berupa teknologi, serta bertanggung jawab dalam penggunaannya.
- Kewargaan: Peserta didik memahami dampak KA terhadap masyarakat dan berpartisipasi dalam menciptakan solusi yang bertanggung jawab.
- Penalaran Kritis: Peserta didik mampu menganalisis luaran KA, mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya, serta merumuskan strategi perbaikan.
- Kreativitas: Peserta didik mampu merancang prompt inovatif dan menemukan solusi kreatif untuk permasalahan menggunakan KA.
- Kolaborasi: Peserta didik bekerja sama dalam kelompok untuk mengidentifikasi masalah, mengembangkan prompt, dan mengevaluasi hasil.
- Kemandirian: Peserta didik memiliki inisiatif untuk belajar dan mengembangkan diri dalam bidang prompt engineering dan aplikasi KA.
- Kesehatan: Peserta didik memahami pentingnya penggunaan teknologi yang seimbang dan tidak berlebihan, menjaga kesehatan fisik dan mental.
- Komunikasi: Peserta didik mampu mengkomunikasikan ide, rancangan prompt, dan hasil evaluasi secara efektif.
Sarana dan Prasarana
- Ruang Kelas/Laboratorium Komputer: Ruangan belajar yang nyaman dengan akses listrik yang memadai.
- Komputer/Laptop: Setiap peserta didik atau kelompok memiliki akses ke perangkat komputer/laptop dengan koneksi internet.
- Proyektor dan Layar: Untuk presentasi dan demonstrasi oleh guru.
- Papan Tulis/Whiteboard dan Spidol: Untuk menjelaskan konsep dan mencatat ide.
- Jaringan Internet Stabil: Diperlukan untuk mengakses platform KA generatif dan sumber daya online.
- Akses ke Platform KA Generatif: Seperti ChatGPT, Google Gemini, Midjourney, DALL-E, atau platform sejenis yang relevan dengan kebutuhan proyek (misalnya untuk pembuatan teks pemasaran, ide desain grafis, atau skrip sederhana).
- Bahan Ajar Cetak/Digital: Modul ajar, lembar kerja peserta didik, materi pendukung.
- Alat Tulis: Pena, pensil, buku catatan.
Target Peserta Didik
Modul ajar ini dirancang untuk peserta didik SMK/MAK kelas X jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual) dan Pemasaran yang memiliki karakteristik sebagai berikut:
- Kemampuan Umum: Peserta didik memiliki dasar pemahaman tentang teknologi informasi dan komunikasi, serta mampu menggunakan perangkat digital dasar.
- Keterlibatan Belajar: Peserta didik cenderung aktif dan tertarik pada pembelajaran yang praktis, berbasis proyek, dan relevan dengan dunia industri kreatif serta pemasaran.
- Gaya Belajar: Peserta didik dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik akan difasilitasi melalui kombinasi materi presentasi, diskusi, dan praktik langsung.
- Kesulitan Belajar: Modul ini dapat mengakomodasi peserta didik dengan berbagai tingkat kesiapan. Bagi yang cepat memahami, disediakan materi pengayaan. Bagi yang memerlukan bimbingan lebih, akan diberikan pendampingan dan strategi remedial.
- Latar Belakang Pengetahuan: Peserta didik diharapkan telah memahami dasar-dasar Kecerdasan Artifisial generatif dan konsep awal prompt engineering dari pertemuan sebelumnya. Mereka juga memiliki pemahaman dasar tentang bidang keahlian DKV atau Pemasaran.
Model Pembelajaran
Berbasis Masalah (Problem-Based Learning / PBL)
Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Koding Dan Kecerdasan Artifisial - Evaluasi dan Penyempurnaan Prompt Engineering untuk Proyek KA selengkapnya
Login
Masuk dengan belajar.id