MODUL AJAR : PENDIDIKAN PANCASILA - Identitas Diri dan Keberagaman dalam Konteks Bhinneka Tunggal Ika
Tingkat: SMK/MAK
Kelas: 10
Topik : Identitas Diri dan Keberagaman dalam Konteks Bhinneka Tunggal Ika
Penyusun:
ANJELI ANJELI
Tanggal Dibuat: 09 Sep 2025
Profil Lulusan
- Keimanan dan Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa: Peserta didik memiliki sikap spiritual dan moral yang tinggi, serta menghargai nilai-nilai luhur Pancasila dalam keberagaman.
- Kewargaan: Peserta didik menunjukkan rasa cinta tanah air, berperan aktif sebagai warga negara yang bertanggung jawab, dan menghargai keberagaman dalam masyarakat.
- Penalaran Kritis: Peserta didik mampu menganalisis informasi, mengidentifikasi masalah, dan menemukan solusi yang adil terkait isu-isu keberagaman.
- Kreativitas: Peserta didik mampu mengembangkan ide-ide baru dan inovatif dalam mempromosikan persatuan dan melestarikan budaya lokal.
- Kolaborasi: Peserta didik mampu bekerja sama dalam tim, menghargai pendapat orang lain, dan berkontribusi aktif dalam mencapai tujuan bersama.
- Komunikasi: Peserta didik mampu menyampaikan gagasan, informasi, dan argumen secara jelas dan efektif, baik lisan maupun tulisan.
Sarana dan Prasarana
- Ruang Kelas: Ruang kelas yang nyaman dan kondusif untuk diskusi kelompok dan presentasi.
- Perangkat Pembelajaran: Papan tulis, spidol/kapur, proyektor LCD, laptop, pengeras suara (jika diperlukan).
- Akses Internet: Koneksi internet yang stabil untuk riset dan mengakses sumber belajar daring.
- Sumber Belajar: Buku teks Pendidikan Pancasila kelas 10, modul ajar, artikel berita, video edukasi, gambar/infografis terkait keberagaman.
- Alat Tulis: Kertas, pulpen, pensil, alat warna.
- Media Pendukung Proyek: Bahan-bahan presentasi (karton, spidol warna, alat peraga sederhana) atau perangkat lunak presentasi digital.
Target Peserta Didik
Modul ajar ini dirancang untuk peserta didik reguler di kelas 10 SMK/MAK jurusan Teknik Jaringan dan Komputer. Peserta didik diharapkan tidak memiliki kesulitan belajar yang signifikan dan mampu mengikuti tahapan pembelajaran berbasis proyek secara mandiri maupun berkelompok. Peserta didik diharapkan memiliki ketertarikan pada penggunaan teknologi sebagai alat bantu pembelajaran, mengingat latar belakang jurusannya.
Model Pembelajaran
Berbasis Proyek (Project-Based Learning)
Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Pendidikan Pancasila - Identitas Diri dan Keberagaman dalam Konteks Bhinneka Tunggal Ika selengkapnya
Login