MODUL AJAR : AGRIBISNIS TERNAK RUMINANSIA - Identifikasi Kondisi Kesehatan Ternak Ruminansia
Tingkat: SMK/MAK
Kelas: 11
Topik : Identifikasi Kondisi Kesehatan Ternak Ruminansia
Penyusun:
NURLITA RAHMAYANTI
Tanggal Dibuat: 30 Sep 2025
Profil Lulusan
- Penalaran Kritis: Peserta didik mampu menganalisis informasi, mengevaluasi argumen, dan merumuskan kesimpulan yang relevan terkait kesehatan ternak ruminansia.
- Kreativitas: Peserta didik mampu mengembangkan ide-ide baru atau solusi inovatif dalam menghadapi tantangan identifikasi dan penanganan awal kesehatan ternak.
- Kolaborasi: Peserta didik mampu bekerja sama dalam kelompok untuk berbagi pengetahuan, berdiskusi, dan menyelesaikan tugas-tugas terkait identifikasi kondisi ternak.
- Kemandirian: Peserta didik memiliki inisiatif dan tanggung jawab untuk belajar mandiri serta mengambil keputusan yang tepat dalam konteks kesehatan ternak.
- Kesehatan: Peserta didik memahami dan mengaplikasikan praktik kesehatan ternak yang baik, berkontribusi pada kesejahteraan hewan dan keamanan pangan.
- Komunikasi: Peserta didik mampu menyampaikan informasi, ide, dan hasil observasi mereka dengan jelas dan efektif, baik secara lisan maupun tulisan.
Sarana dan Prasarana
- Ruang Kelas: Kelas yang nyaman dan cukup luas untuk kegiatan diskusi kelompok.
- Peralatan Presentasi: Laptop, proyektor LCD, papan tulis/whiteboard, spidol/kapur.
- Media Pembelajaran:
- Modul ajar cetak/digital.
- Buku teks Agribisnis Ternak Ruminansia Kelas 11.
- Gambar atau poster ciri-ciri ternak sehat dan sakit.
- Video demonstrasi observasi visual dan palpasi dasar pada ternak.
- Alat peraga sederhana (misalnya, boneka ternak atau model bagian tubuh ternak untuk simulasi palpasi jika memungkinkan).
- Sumber Belajar Digital: Akses internet untuk mencari informasi tambahan, artikel ilmiah, atau video edukasi dari sumber terpercaya.
- Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD): Cetak atau digital untuk kegiatan praktikum/observasi.
Target Peserta Didik
- Peserta didik reguler/tipikal yang tidak memiliki kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
- Peserta didik dengan gaya belajar bervariasi (visual, auditori, kinestetik) yang akan difasilitasi melalui berbagai media dan metode pembelajaran.
- Peserta didik diharapkan memiliki motivasi dan ketertarikan terhadap bidang agribisnis ternak.
Model Pembelajaran
Berbasis Masalah (Problem-Based Learning / PBL)
Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Agribisnis Ternak Ruminansia - Identifikasi Kondisi Kesehatan Ternak Ruminansia selengkapnya
Login