MODUL AJAR : AGRIBISNIS TERNAK RUMINANSIA - Identifikasi Kondisi Kesehatan Ternak Ruminansia

Tingkat: SMK/MAK

Kelas: 11

Topik : Identifikasi Kondisi Kesehatan Ternak Ruminansia

Penyusun: NURLITA RAHMAYANTI NURLITA RAHMAYANTI

Tanggal Dibuat: 30 Sep 2025


Profil Lulusan

  • Penalaran Kritis: Peserta didik mampu menganalisis informasi, mengevaluasi argumen, dan merumuskan kesimpulan yang relevan terkait kesehatan ternak ruminansia.
  • Kreativitas: Peserta didik mampu mengembangkan ide-ide baru atau solusi inovatif dalam menghadapi tantangan identifikasi dan penanganan awal kesehatan ternak.
  • Kolaborasi: Peserta didik mampu bekerja sama dalam kelompok untuk berbagi pengetahuan, berdiskusi, dan menyelesaikan tugas-tugas terkait identifikasi kondisi ternak.
  • Kemandirian: Peserta didik memiliki inisiatif dan tanggung jawab untuk belajar mandiri serta mengambil keputusan yang tepat dalam konteks kesehatan ternak.
  • Kesehatan: Peserta didik memahami dan mengaplikasikan praktik kesehatan ternak yang baik, berkontribusi pada kesejahteraan hewan dan keamanan pangan.
  • Komunikasi: Peserta didik mampu menyampaikan informasi, ide, dan hasil observasi mereka dengan jelas dan efektif, baik secara lisan maupun tulisan.

Sarana dan Prasarana

  • Ruang Kelas: Kelas yang nyaman dan cukup luas untuk kegiatan diskusi kelompok.
  • Peralatan Presentasi: Laptop, proyektor LCD, papan tulis/whiteboard, spidol/kapur.
  • Media Pembelajaran:
    • Modul ajar cetak/digital.
    • Buku teks Agribisnis Ternak Ruminansia Kelas 11.
    • Gambar atau poster ciri-ciri ternak sehat dan sakit.
    • Video demonstrasi observasi visual dan palpasi dasar pada ternak.
    • Alat peraga sederhana (misalnya, boneka ternak atau model bagian tubuh ternak untuk simulasi palpasi jika memungkinkan).
  • Sumber Belajar Digital: Akses internet untuk mencari informasi tambahan, artikel ilmiah, atau video edukasi dari sumber terpercaya.
  • Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD): Cetak atau digital untuk kegiatan praktikum/observasi.

Target Peserta Didik

  • Peserta didik reguler/tipikal yang tidak memiliki kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
  • Peserta didik dengan gaya belajar bervariasi (visual, auditori, kinestetik) yang akan difasilitasi melalui berbagai media dan metode pembelajaran.
  • Peserta didik diharapkan memiliki motivasi dan ketertarikan terhadap bidang agribisnis ternak.

Model Pembelajaran

Berbasis Masalah (Problem-Based Learning / PBL)

Silahkan login untuk membaca Modul Ajar Agribisnis Ternak Ruminansia - Identifikasi Kondisi Kesehatan Ternak Ruminansia selengkapnya

Login Masuk dengan belajar.id Masuk dengan belajar.id
Filter Berdasarkan Tingkat